Spiga

Pondok Pesantren Islamic Centre Bin Baz

Nama Mahad: Pondok Pesantren Islamic Centre Bin Baz
Website: http://atturots.or.id/
Telepon Info: 02744353272
Katagori: Mahad Berasrama
Keterangan: Islamic Centre Bin Baz [ICBB], pondok pesantren di bawah Yayasan Majelis At-Turots Al-Islamy Yogyakarta, ikut berpartisipasi membina dan menyiapkan generasi Islam yang lurus akidahnya, berakhlak mulia, dan senantiasa meneladani jejak Rasulullah dan para Salafush Shalih.
Materi pelajaran yang diajarkan adalah hafalan al-Qur'an, Bahasa Arab, pelajaran diniyah dan pelajaran umum yang diberikan secara proporsional. Dengan cara tersebut para santri diharapkan mendapatkan bekal yang cukup, duniawi maupun ukhrawi.
Pelajaran diniyah meliputi pelajaran Tahfizh al-Qur'an, Akidah, Ibadah, Akhlak, Fikih, Hadits, Tarikh Islam, Bahasa Arab, dll. Kurikulum pelajaran diniyah yang dipakai adalah gabungan kurikulum DEPAG, Timur Tengah dan pondok pesantren.
Pelajaran umum meliputi semua pelajaran yang diujikan secara nasional. Santri Salafiyah Ula (tingkat SD) dan Salafiyah Wustha (SLTP) mengikuti PROGRAM WAJAR DIKDAS 9 TAHUN (singkatan: Wajib Belajar Pendidikan Dasar 9 Tahun) yang dikelola oleh Departemen Agama bekerjasama dengan Departemen Pendidikan Nasional. Jenjang setingkat SMU menggunakan Madrasah Aliyah jurusan Agama, IPS dan IPA (dalam proses).
Lulusan Pondok Pesantren Islamic Centre Bin Baz mendapatkan 2 ijazah, yaitu dari Pondok Pesantren dan dari Pemerintah. Ijazah pada Pondok Pesantren jenjang Madrasah Aliyah sedang dalam proses pengajuan mu'adalah/akreditasi ke Universitas Islam Madinah, Arab Saudi, dengan harapan agar kelak para lulusan kita mudah untuk masuk ke universitas tersebut.